Jumat, 09 Mei 2008

HABBA SAUDA/HABBATUL BARAKAH (Nigetiva Sativa L)

Merupakan herba yang sangat besar manfaatnya bagi dunia kesehatan. Bahkan merupakan jenis herba yang direkomendasikan langsung oleh Rasulullah SAW sebagai obat, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW : "hendaklah kamu menggunakan habba sauda karena sesungguhnya padanya terdapat penyembuhan bagi segala macam penyakit kecuali mati" (HR. Abi Salamah dari Abi Hurairah r.a.). (HR. Bukhori 10/21 & Muslim 2215).

Dalam hadits yang lain diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada satupun penyakit kecuali diobati dengan Habba Sauda kecuali mati". (HR. At Tirmidzi)

Pernyataan Rasululah tersebut telah terbukti kebenarannya baik secara empiris (pengalaman nyata di lapangan) maupun secara medis melalui berbagai uji klinis. Di negara-negara Timur Tengah dan Timur Jauh, habba sauda telah digunakan obat selama lebih dari 2000 tahun. Namun baru menjadi perhatian ilmuwan diakhir tahun 1959. Sejak saat itu telah lebih dari 200 studi dari universitas internasional dan artikel yang dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah yang membenarkan khasiat Habba Sauda.

Biji Habba dipakai dan direkomendasikan oleh banyak orang sebagai penyembuh berbagai macam penyakit seperti karminatif, gangguan pencernaan, diuretic, batuk berdahak, dan lain-lain. Berdasarkan penelitian medis ditemukan bahwa dalam ekstrak biji NIGELA SATIVA (Habba Sauda) mengandung efek invitro terhadap bakteri dan jamur (Hanafy, 1991, J, Ethnopharmacology, 34 (2-3), 275-278).